Pages

Wednesday, March 16, 2011

Aa Gym dan "Gudang Maksiat" [2004]

Foto aku, teman-teman calon arsitek, dan Aa Gym ini, diambil tahun 2004 persis di kawasan pesantren Daarut Tauhid di Geger Kalong, Bandung. 

Coba tebak? Aku yang manaaa?? Hihi,,, pastinya aku yang paling nempel dengan Aa... hihi..
Cerita di Balik Foto :

Tahun 2004 itu, aku bersama angkatan jurusan melakukan tugas mata kuliah perancangan arsitektur di tanah-tanah hunian yang ada di Geger Kalong. Sebagai pengajar mata kuliah ini, sebutlah dosen koordinator bernama bapak Budi Faisal yang bersahabat baik dengan Aa Gym. Ternyata, Aa sempat curhat, dulu pengen jadi arsitek tapi gagal ketika mencoba mendaftar. Aku dan teman-teman sempat kembang kempis mendengarnya, hehe...

Aa Gym ini hobi sekali bersepeda. Sepeda impor yang dibelinya itu, menjadi teman setia Aa ketika mengunjungi satu kawasan besar pesantren Daarut Tauhid itu. Entah berapa luas kawasan itu, tapi sungguh, suasananya intim seperti perkampungan islami dan penuh salam dan senyum. 

Aku meliput dari satu situs wisata yang menceritakan tentang kawasan santri Daarut Tauhid di Geger Kalong, Bandung ini :
Tahun '80-an, sekitaran Jalan Gegerkalong Girang terkenal sebagai "gudang maksiat." Tapi setelah datangnya seorang pemuda bernama Abdullah Gymnastiar dengan membawa beragam aktivitas positif, justru kawasan yang sering disebut 'Gerlong' saja itu, kini lebih dikenal sebagai pusat dakwah. Menyebut Gerlong pasti ingat Daarut Tauhid, begitu juga sebaliknya. Yayasan Daarut Tauhid didirikan oleh Abdullah Gymnastiar---seorang ulama otodidak (belajar langsung dari K.H. Choer Affandi, pimpinan Pesantren Manonjaya - Tasikmalaya, dari seorang ulama sepuh dari Garut, serta seorang ulama sepuh dari Demak) secara resmi pada 4 September 1990. 

8 comments:

Anonymous said...

Kok fotoku ga ada ya? hix...
Blognya bagus wid. liat2 yg kamar kos jd inget di Dipati Ukur. hehehehehe..

W i e d e s i g n a r c h said...

@nina : gue pengen banget dunk... foto lama itu... nina... foto lu bareng aa gym juga ada kok... mau gue upload?

mas pri said...

hehehhe ternyata aa gym hebat ya mampu menyulap tempat maksiat menjadi pusat dakwah and salam kenal bu

W i e d e s i g n a r c h said...

@mas pri : yah itulah sejarah yang tertulis... hhehehe.... makasih yah mas udah mampir ^^

f4dLy :) said...

kenangan yang sangat indah...
mksih yah atas kunjungannya di rumah persahabatan...

W i e d e s i g n a r c h said...

@f4dly : sama-sama ^^v

Winny Widyawati said...

hiks jadi kangen kesana lagi, dulu aku sering DT Wied.Skrg udh di Bgr ga bisa lg :(

W i e d e s i g n a r c h said...

@teh Win : wah.... teteh tapi masih sering ikut liat aa gym kah? pasti kangen yah ma lingkungan DT?

Post a Comment