Pages

Friday, May 7, 2010

Fatahillah dan Kota Tua Jakarta

Perburuan foto-foto ini adalah perburuan pertama sejak aku selalu mengurung diri di rumah… ^-^v meratapi masa-masa kegelapan dengan bertapa. Dua orang sahabat, Mella dan Gemmie yang dua-duanya berkerudung, sukses menghibur hatiku ketika mengajakku ke sebuah tempat : Kota Tua dan Fatahillah, Jakarta.

Kekecewaan terbesarku ketika berada di sana adalah : aku hanya berbekal kamera yang lebih “buruk” dari kamera pocket sekalipun, yaitu kamera Handphone. Tapi itu adalah kamera hape yang bersejarah dalam perjalanan usiaku yang lama. ^-^v (duh mellow gini hidangan pembukanya) xixixixixi…..

Masuk ke Museum Fatahillah, aku menyempatkan memotret bangunan besar kuno yang terdiri dari banyak jendela berjalusi. Yah, ini sepertinya dulu adalah bangunan perkantoran yang megah di jaman Belanda. Foto ini bisa berkata banyak tentang arsitektur Indonesia-Belanda kala itu. Bangunan besar, dengan “penghawaan” maksimal untuk kawasan tropik Indonesia : langit-langit yang maha tinggi, dan jendela-jendela yang maha banyak… ^-^v

Aku, masuk ke dalam bangunan. Dan aku temukan aneka barang kuno yang hanya bisa dilihat lengkap dengan tanda-tanda “jangan disentuh” yang selalu mengingatkanku dengan kali terakhir aku studi-tur ke sini (SMP apa SMA yah?). Aku menengok sana-sini mencari jalan lain yang lebih adventurik (xixi ^-^v mulai kayak anak ilang), dan aku temukaaannn…. Tangga! Tangga itu kokoh sekali. Meski dari kayu dan sudah tua, tapi kekokohannya terlihat dari dimensi elemen tangganya yang besar dan tebal. Masih terawat dengan sangat baik. Menengok tangga itu, aku mulai merasa syair-syair menari-nari di kepalaku. (^_^v aku suka berada di bawah tangga menebak-nebak apa yang bakal aku temukan berikutnya).
Akhirnya tiba di lantai atas! Aku melihat kekokohan railing, lantai dan langit-langit bangunan itu dengan takjub. Hm, inilah kecintaan yang bisa dihayati oleh semua pencinta bangunan tua dengan kemegahan teknologi lama : kayu. Detail yang ter-ekspos, dan material kerangka yang tersusun elemen per elemen lainnya, menjadi hal yang seru untuk dinikmati mata-mata yang jeli menilai sejarah dan seni. ^-^ ck ck ck (^_^v aku pilih memfoto railing tangganya yang besar dan bentuk pintu dan jendelanya yang tinggi…. Nuansa patriotisme dengan warna-warna yang muncul dari imajinasiku sendiri ketika disana).
Hm…. Pelataran Kota Tua yang terkenal ini, memang luaaaarrr biasa luasnya. Halaman dengan perkerasan batu cetak beton dan juga sedikit taman sebagai aksen hijau, menjadi area istirahat yang sekaligus area hiburan untuk yang mau menikmati satu lagi keunikan tempat ini : “Naik Sepeda Onthel !” Yepz, banyak anak seragam SMU bersliweran di area halaman ini. Ada yang main sepeda onthel sendirian mutar-mutar sekedar “pengen tahu rasanya jadi Belanda ^_^” dan ada juga pemandangan film-film India Romantis disini, berboncengan naik onthel yang “Pengen tahu rasanya jadi Belanda punya pacar pribumi ^-^v”. Silahkan, sepeda onthel disewa lengkap sampai helm warnawarninya.

Keluar dari pelataran KotaTua dan Fatahillah, sebelum menuju terminal Busway untuk pulang ke “tanah peradaban lama”, kami bertiga menyempatkan diri ke Museum yang dibangga-banggakan Mella, museum Bank Indonesia. Kenapa dia bangga : satu, gak pake bayar tiket (beda ama museum lain); dua, lobi yang mewah; dan tiga, banyak objek hunting yang seru buat foto (yang ini bikin aku tambah nyesal gak pegang kamera bagus untuk cahaya interior).


19 comments:

Butik Bella said...

woww.. keren banget yah foto2nya.. artistik sekali sob.. eh sist.. hehehe..
happy blogging :)

Ms. Hesty,, said...

udahhhh lamaaaa bangett gag kesana.. cuma ngelewatin doang... xixixixi

Surtika Ayumida said...

Gila,
keren buanget nih foto-foto nya, siapa yg jd fotografer nya?
mau pra wedding di kota tua ahhhhhhhh......... hehe :-)

ariefborneo said...

Menjempt oleh2 dri sahabt...keren2 n sngat bernilai seni fotografer..mantap say..!!thnxs

moenas said...

nice post brow

Angga Rizki Ramadhan said...

denger denger di museum ini banyak penunggunya ya kak?
hii

Winny Widyawati said...

wiih, padahal pake kamera HP ya, tp bagus beneerrrr....:)

skydrugz.blogspot.com said...

jakarta cukup keren juga ya :D

gedung2 tua kyk gitu ternyatra masih dilestarikan ...


kirain semua sdh dibongkar

PURNOMO SHIDIQ "Faza Fauzi Akbar" said...

jepretannya bagus,

Wied's Loving Design said...

# Butik Bella : makasih yah, keep reading, too ^_^v

# Hesty : sekali2 mampir gitu, kunjungan arwah, eh sejarah .. xixi

# Surtika : aku boleh nonton foto2 prewednya di TKP? ^-^

# Borneo : trims, inilah karya dari pembelajar, semoga dinikmati

# Moenas : thx for reading brow!! ^-^v

# Ramadhan : yeps, begitulah,,,, banyak penunggu dan terdistrik

# Winny : Mba juga bisa bikin foto pocket sekeren ini lho!

# skydrugz : mungkin masih tersisa kekritisan mereka menjaganya

# Faza Fauzi Akbar : Alhamdulillah dinikmati ^-^v

Vicky Laurentina said...

Untuk ukuran foto jepretan kamera HP, hasilnya bagus banget, Mbak. Aku aja kalau moto nggak pernah sampek sebagus itu lho.. :-)

sari yuk yuuuuk said...

hmm.. makasih udah meninggalkan jejak di blogku..
waduh, tapi gak nambah2 lagi.. jadi malu..
abisnya suka maleees.. hahaha...
tapi karena tiba2 ada yang ninggalin jejak jadi semangat lagi...

btw, blognya okeee deeehh.. :)

joe said...

wah, keren banget angle fotonya ...

depz said...

setuju sama vicky
poto2nya ajaib

saya pake SLR aja ga sebagus ini lohh moto dsna
:D

exort said...

suka moto ya wied?
kapan ajarin gw dong motonya

anw ada tag n award buat elo di tempat gw, diambil ya

Wied's Loving Design said...

::: Vicky : hohoho... itu kan berkat bantuan banyak oknum digital juga,,, xixi ^-^

::: Sari Yuk Yuuuukk : iyah dilanjutkan bloggingnya ^_^v, trus saling mampir deh main gaple, hehehe

::: Joe : jeli juga, liat angle yah... sukurlah disuka

::: Depz : aku dah lihat karyamu, terlalu kereeennnn T_T

::: Exort : kita hunting bareng aja, tapi jangan minta ajarin, aku bukan suhu... heuheueheu

achmad taher said...

Fotonya mengingatkanku saat bermalam di SAvoy Homman...bagus gan angle nya...

W i e d e s i g n a r c h said...

@achmad taher : wah kao yang itu,, katanya sangat banyak hantunya yah,,,, hehehehe

tfd said...

hobine mirang miring...hihihi...

Post a Comment